Sabtu, 28 November 2020
Frangky Cendra

AD/ART Partai Pastikan Ko’ Anga Duduki Kursi Ketua DPRD Bolmut

NEWS BOLMUT – Dari 4 caleg PDIP yang lolos hasil Pemilu April 2019, nama Franky Cendra yang akrab disapa Ko’ Anga paling berpeluang menduduki kursi Ketua DPRD Bolmut. Pasalnya, ia diuntungkan oleh AD/ART partai bak ketiban durian runtuh.

Sekretaris DPC PDIP Bolmut Gusti Abdul Samad Lauma S.Ip menjelaskan, mekanisme internal PDIP untuk penentuan siapa yang berhak menduduki kursi pimpinan dewan, pihak DPC mengusulkan kepada DPD dan kemudian DPD meneruskan ke DPP.

“Tapi siapa nanti orangnya yang berhak, sudah diatur dalam AD/ART dan peraturan partai,” kata Lauma, selasa (23/7/2019).

Menurut dia, sesuai AD/ART dan peraturan partai, yang diutamakan duduk menjadi pimpinan di DPRD adalah pengurus partai yang lolos atau terpilih dalam Pileg, yakni ketua, sekretaris dan bendahara.

“Jika tidak ada ketua yang lolos, bisa digantikan sekretaris. Pun jika tidak ada sekretaris yang terpilih hasil Pileg April 2019, bendahara berhak diusulkan menempati kursi pimpinan di DPRD,” terang Lauma.

Jika ketiganya (ketua, sekretaris dan bendahara) tidak ada yang lolos, lanjut Lauma, pengurus partai sesuai jenjang bisa diusulkan menjadi unsur pimpinan dewan.

“Diingatkan agar kader tahu etika tentang mekanisme itu. Kalau ada yang mencoba main-main ingin berebut posisi pimpinan dewan dengan melabrak aturan partai, sebaiknya agar mengurungkan niatnya, apalagi kader baru,” tegasnya.

Senada dengan itu, hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPC PDIP Bolmut Drs Amin Lasena MAP. “Unsur pimpinan dewan akan diambil sesuai aturan partai,” tegas Lasena.

Lasena yang saat ini menjabat sebagai wakil Bupati Bolmut juga mengingatkan kader PDIP yang lolos hasil Pemilu April 2019, agar mengikuti mekanisme dan mentaati aturan partai.

”Jadi, tidak ada ketentuan yang menyebutkan peraih suara terbanyak otomatis bisa menjadi calon ketua dewan, apalagi kader baru di partai. Yang dilihat adalah pengabdian di partai, policy (kebijakan) dalam memimpin,” tandas politisi PDIP itu.

Dia juga membenarkan dalam AD/ART, yang diprioritaskan adalah pengurus partai ketua, sekretaris dan bendahara.

Perlu diketahui, Konfercab serentak PDIP se-Sulut yang dilaksanakan di Novotel Manado pada sabtu (20/7/2019), Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena terpilih sebagai ketua, Samad Lauma sebagai Sekretaris dan Franky Cendra Bendahara.   

Sempat beredar kabar di internal PDIP, posisi ketua DPRD Bolmut juga diincar beberapa caleg PDIP lainnya.(*)

 

Wartawan: Kurniawan Golonda

AD/ART Partai Pastikan Ko’ Anga Duduki Kursi Ketua DPRD Bolmut

 

Bagikan Berita ini

Baca Juga

Pimpinan DPRD Bolmut Definitif Resmi Diumumkan

NEWS BOLMUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), selasa (24/9/2019) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *