Minggu, 29 November 2020

Cita-cita Sejahterakan Rakyat Bolmut Akan Terwujud Lewat Koalisi ‘Gemuk’ Fraksi PDI-P

NEWS BOLMUT – Setelah meraih suara terbanyak pada pemilu legislatif 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berhasil mengantarkan salah satu kadernya pada tambuk tertinggi Pimpinan dan meraih 4 Kursi di DPRD Kabupaten Bolmut.

Namun Langkah PDI Perjuangan tidak hanya sampai disistu. PDI Perjuangan berhasil melobi tiga partai untuk menambah jumlah anggota Fraksi di parlemen. Tiga partai tersebut adalah, PKS 1 kursi, Hanura 1 kursi dan PAN 2 kursi. Dengan demikian bertambah pula jumlah anggota fraksi PDI Perjuangan menjadi 8 kursi.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan jumlah kursi Fraksi Golkar yang semula 3 kursi setelah ketambahan 2 kursi dari Partai Nasdem dan Gerindra, disusul oleh Fraksi utuh  PPP sejumlah 4 Kursi, sementara gabungan Perindo dan PKB sejumlah 3 kursi.

Sekretaris PDI Perjuangan Bolmut Abdul Zamad Lauma, S.IP menegaskan, bahwa kesepakatan koalisi terbangun karena adanya kesamaan misi untuk mengawal berbagai kebijakan eksekutif secara bersama-sama di parlemen.

“Di DPRD Bolmut kami sudah menyatakan berkoalisi untuk mengawal kebijakan kesejahteraan rakyat. Itu sudah menjadi komitmen kami,” terang Zamad.

Disinggung kemungkinan keempat parpol tersebut akan membangun koalisi untuk memperkuat kandidat gubernur  yang akan diusung PDI Perjuangan pada Pilgub 2020 nanti, Zamad mengatakan, peluang tersebut sangat terbuka.

“Bisa jadi begitu. Tergantung nanti kebijakan masing-masing pengurus parpol di pusat,” lanjut Zamad.

Namun pada intinya, lanjut Zamad, Partai politik di parlemen harus bisa mengimbangi dengan nurani dan mendahulukan kepentingan daerah. Dia berharap Parpol tidak hanya fokus mengejar kepentingan, namun harus dibarengi dengan sikap tanggungjawab terhadap daerah.

“Ada fraksi yang mendukung Pemerintah, boleh ada fraksi yang menjadi oposisi namun dalam soal pengawasan, semua fraksi harus sepaham agar tugas parlemen menjadi bagus dan nyata, jangan sampai tugas besar DPRD diabaikan karena sikap pragmatis,” ujar kordinator TKSK Sulut itu.(*/wege)

Bagikan Berita ini

Baca Juga

Tatanan Normal Baru, Pemda Bolmut Gelar Apel Serentak di Tiga Kecamatan

NEWS BOLMUT – Dalam rangka penerapan Tatanan Normal Baru masyarakat Produktif dan Aman Covid 19, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *