Minggu, 29 November 2020

Temuan Komisi I, Proyek “Asal Jadi” Hingga Pengelolaan Limbah Medis Rusak

NEWS BOLMUT – Komisi  I DPRD Bolaan Mongondow Utara Bolmut yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I H. Juldin Bolota SIP, jumat (8/11/2019) melakukan Monitoring di Puskesmas Boroko dan Puskesmas Bolangitang.
Sekretaris Komisi I Aris Kohongia Mpd mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) sebelumnya.
“Dari monitoring lapangan itu, kami mengantongi banyak temuan,” kata Aris.
Dia menjelaskan, beberapa temuan dilokasi yakni, untuk Puskes Boroko, ada pekerjaan pembangunan Puskesmas yang belum setahun dilaksanakan terkesan asal jadi.
“Ada beberapa bagian atap dan pipa yang bocor, pintu dan penahan (kusen) pintu ruangan yang goyang karena diduga dikerjakan tidak baik serta gypsun (SP3) yang sudah banyak jatuh),” ujar Aris.
Selain itu, lanjut Aris, instalasi Pengolahan Air Limbah yang tidak berfungsi karena tidak tersambung dari saluran pembuangan, Alat pembakar sampah medis (incinerator) yang berada dalam kondisi rusak.
“Ada juga tenaga Perawat terpaksa merangkap tenaga administrasi dan keuangan Puskes karena tidak adanya Tenaga lulusan akuntansi. bahkan, tenaga perawat tidak pernah mendapat Vaksinasi sebagai perlindungan kerja,” jelas mantan Jurnalis itu.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I Juldin Bolota menjelaskan, kondisi Puskesmas Bolangitang saat ini tidak ada Incinerator sehingga sampah-sampah medis hanya dimusnahkan dengan cara seadanya.
“Tak hanya itu, tenaga Kontrak Dinas yang diperbantukan di Puskes sudah tiga bulan ini belum dibayarkan gajinya, dan masih banyak lagi temuan lainya,” terang Juldin.
Kendati demikian, sambung Juldin, Komisi I sangat mengapresiasi kinerja Puskes Bolangitang dan Boroko yang terpantau sangat  berkeinginan memperbaiki pelayanan kesehatan hingga seringkali dari mereka akhirnya membenahi diri dengan cara swadaya (patungan dari pegawainya).
“Hasil monitoring ini akan Komisi I buatkan rekomendasi Internal (DPRD) dan rekomendasi Eksternal (untuk mitra kerja terkait) dengan harapan  kedepan  Puskesmas bisa sesuai dengan standar yang ditentukan dalam Permenkes,” kuncinya.(wege)
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Tatanan Normal Baru, Pemda Bolmut Gelar Apel Serentak di Tiga Kecamatan

NEWS BOLMUT – Dalam rangka penerapan Tatanan Normal Baru masyarakat Produktif dan Aman Covid 19, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *